Akhir Perjalanan Sang Pengadil, Saatnya Memasuki Masa Purnabakti I (25/05)

logo

Akhir Perjalanan Sang Pengadil, Saatnya Memasuki Masa Purnabakti I (25/05)

Written by kepegawaian on .

Written by kepegawaian on . Hits: 145

Akhir Perjalanan Sang Pengadil, Saatnya Memasuki Masa Purnabakti

Sang Pengadil.1

Jakarta | pta-jakarta.go.id (25/05)
Wakil Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum. sang pengadil memasuki masa purnabakti atau pensiun terhitung 1 Juni 2021 yang bersangkutan genap 67 tahun dengan masa kerja selama lebih kurang 40 tahun mengabdi sebagai pegawai dan hakim. Jabatan terakhir sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta.

Sang Pengadil.2

Prosesi Wisuda Purnabakti Wakil Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum berjalan hikmad dan suasana haru bertempat di Hotel Redtop Jakarta, hadir Bapak Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dan Ketua PTA Semarang, Drs. Muhammad Yamin Awie, S.H., M.H. serta seluruh Hakim Tinggi PTA DKI Jakarta beserta Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-DKI Jakarta dan tamu undangan lainnya.

Sang Pengadil

Acara selanjutnya sesi ramah tamah dengan dihadiri oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. sekaligus pembinaan dan juga dihadiri oleh Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI yaitu Yang Mulia Dr. Drs. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum., Yang Mulia Drs. H. Busra S.H. M.H. dan Yang Mulia Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H. beserta Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Nur Jannah Syaf, S.H., M.H.

Sosok Djazimah Muqoddas terungkap dari Buku Biografi beliau tentang perjalanan hidup dari hakim honor hingga menjadi pimpinan pengadilan. “Secara fisik, mungkin perempuan lebih lemah dibanding laki-laki, tetapi jika menyandingkan pemikiran dan kreasi kaum perempuan, mereka tidak kalah dengan laki-laki. Subordinasi perempuan yang selama ini masih ada di masyarakat harus dijawab dengan karya nyata. Perempuan mampu berkontribusi penting bagi kemajuan masyarakat. Bahkan, perempuan itu lebih hebat pada aspek tertentu: menjadi ibu rumah tangga yang baik namun sukses berkarir di luar rumah. Itulah kesejatian perempuan”

Sang Pengadil.4

Banyak kenangan manis yang digoreskan Sang Pengadil tersebut dan sangat membekas di mata Pimpinan, Senior dan Kolega, dimana sepanjang perjalanan hidupnya lebih kurang 40 tahun meniti karir sebagai Hakim di Peradilan Agama, telah melalui banyak pengalaman dan pelajaran berharga. Ia memiliki gambaran yang sangat lengkap tentang dunia peradilan dan dinamikanya. Di samping itu, ia tentu berinteraksi dengan banyak kolega, pimpinan, dan para seniornya di Pengadilan Agama.

Sang Pengadil.5

Banyak kesan para pimpinan, senior, dan kolega yang mengenal baik sosok Djazimah Muqoddas, baik dalam kapasitasnya sebagai Hakim, Pimpinan Pengadilan, maupun dalam kehidupan pribadinya. Seperti halnya diungkapan oleh Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H. yang merupakan Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI dengan sebutan disematkan sebagai “Hakim Perempuan Mutli Talenta” dan juga diungkapan oleh Hakim Agung lain, Dr. Drs. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. dengan predikat: “Srikandi Peradilan Agama Nan Lincah, Cerdas & Menyenangkan” dan Drs. H. Busra, S.H., M.H. menyemat dengan sebutan “Hakim Karir yang Baik Hati” dan hal inilah menurut beliau “Suka atau tidak suka, sebagai Hakim, kita harus menerima berakhirnya masa pengabdian, karena telah masuk masa purna bakti”.

Hal lain juga diungkapan Drs. H. Wahyu Widiana, M.A. yang merupakan Mantan Dirjen Badilag (2005-2012) dan Penasihat Senior AIPJ2 serta sebagai teman kuliah di Fakultas Syar’ah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang terlihat dari sosok beliau yang pintar dalam menjaga silaturahmi dengan kawan-kawan, baik dengan kawan kuliah, kawan kerja atau kawan bermasyarakat dan kesempatan itu Ketua PTA Surabaya, Drs. H. Moh. Yamin Awie, S.H., M.H. dengan menyebut sebagai "Sosok Pemimpin yang Ramah Namun Tegas" dan juga dari Mantan Ketua PTA Semarang, Dr. Wildan Suyuthi, S.H., M.H. sebagai “Representasi Hakim Perempuan yang Visioner”

Sang Pengadil.6

Begitu banyak pesan dan kesan telah disematkan kepada Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum., hal lain juga diberikan Srikandi dari Wakil Ketua PTA Bandar Lampung Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. dengan istilah “Hakim Perempuan yang Sukses Membangun Karir dan Rumah Tangga” dan juga teman sekantor di PTA DKI Jakarta Drs. H. Musfizal Musa, S.H., M.H. “Hakim yang Rendah Hati” dan Dra. Hj. A. Salmiah, S.H., M.H. “Djazimah adalah Kata Kunci bagi “Integritas” dan “Konsistensi” serta dari Hakim Tinggi PTA Bandar Lampung, Dra. Hj. Siti Zurbaniyah, S.H., M.H.I. sebagai “Mrs. Clean” dan juga dari Ernida Basry sebagai Hakim Tinggi yang diperbantukan di Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung RI yang menyebutnya Bunda Djazimah Muqoddas sebagai "Wanita Cantik, Teguh Menjaga Marwah dan Martabat Hakim serta Dermawan" serta sebutan lain yang disematkan sebagai “Sang Motivator” oleh Ketua PA Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.S.I.

Selanjutnya juga diungkapan oleh Ketua Ketua PA Jakarta Timur Dr. Drs. H. Supadi, M.H. sebagai “Pemimpin Berintegritas dan Peduli pada Bawahan” dan juga Ketua PA Jakarta Selatan Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H. sebagai “Sosok Hakim Perempuan yang Ideal” dan sebagai "Penegak Hukum yang Sangat Telaten dan Visioner" seperi hal diungkapan Ketua PA Jakarta Pusat oleh Dr. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I serta Wakil Ketua PA Jakarta Barat, Dr. H. Munir, S.H., M.Ag. sebagai “Pemimpin yang Santun dan Bersahaja”

Sang Pengadil.7

Hal ini juga diungkapan Panitera PTA DKI Jakarta, Drs. Muhammad Yamin, M.H. sebagai “Inisiator Hakim Peradilan Agama” dan dari Sekretaris PTA DKI Jakarta, Drs. Erwin Widanarko, S.H., S.A.P., M.Pd. sebagai “Pemimpin yang Cermat dan Hebat”

Tak luput juga pesan dan kesan dari saudara-saudara Djazimah Muqaddas, seperti dari Sang Kakak Drs. H. M. Fahmi Muqoddas, S.Fil., M.Hum. dengan "Sosok yang Cerdas dan Berintegritas" dan Dr. M. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan menyebut "Hakim itu Jalan Pendakian dan Pembebasan” serta adik beliau Dra. Hj. Farchanah Muqoddas, M.H. (Hakim PA Yogyakarta) menyebut sebagai “Sosok Kakak Pengayom”

Sang Pengadil.8

Dalam sambutanya Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. mengucapkan terima kasih atas jasa baik dan dedikasi Ibu Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum. sebagai Wakil Ketua PTA DKI Jakarta yang akan memasuki purnabakti dan banyak hal yang baik yang sudah dilakukan semoga Allah SWT., membalas dengan yang lebih baik, pengabdian selanjutnya setelah purnabakti bersama keluarga, suami dan anak serta cucu. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh Panitia Purnabakti, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta para Pelaksana dan PPNPN PTA DKI Jakarta dan Pengadilan Agama se-DKI Jakarta yang telah bekerja maksimal sehingga acara purnabakti dan ramah tamah Wakil Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum. dapat berjalan lancar dan suskes.

Selamat jalan Sang Pengadil, bakti dan jasa-mu akan dikenang dan abadi dihati sanubari kami, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kekuatan, Amin. (Drm.MY.humas.pta.dki).

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.